tata cara membuat drop cap

Tidak ada komentar
tata cara membuat drop cap

Drop cap pada microsoft office word berfungsi untuk membuat tulisan lebih besar dari pada yang lain. Dengan fungsi ini akan memberikan efek tulisan lebih tebal dan lebih besar dibanding yang lain. Fungsi ini biasanya digunakan pada saat permulaan suku kata, sehingga suku kata pertama pada sebuah kata akan tampak lebih besar dibanding yang lain. Sebagai contoh dari fungsi drop cap lihat gambar di bawah ini.




 Dengan adanya drop cap tulisan kita akan lebih menarik untuk dilihat , untuk membuat drop cap pada microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:


  1. Buka lembar kerja ms word
  2. Ketikkan kata atau kalimat pada lembar kerja ms word
  3. Selanjutnya blok huruf pertama,.
  4. Klik insert pada menu bar, kemudian pilih Drop Cap pada group text 
  1. Pilih Dropped dan lihat hasilnya.

Pada menu drop cap terdapat pilihan none, Dropped dan In margin. Fungsi dari menu tersebut adalah:

  • None berarti tidak memberikan efek drop cap pada text
  • Dropped berfungsi untuk memberikan efek drop pada suku kata, akan tetapi efek drop cap masih terdapat dalam margin.
  • In margin berfungsi untuk memberikan efek drop akan tetapi huruf yang dipilih akan terletak pada bagian samping margin.

Untuk menghilangkan efek drop cap pada tulisan anda, ulangi langkah no. 4 kemudian pilih none. Selanjutnya jika ingi membuat custom dari drop cap, anda bisa mengulangi langkah no. 4 kemudian pilih drop cap option. Dengan drop cap option kita bisa memilih jenis huruf yang di gunakan dan besarnya huruf yang akan diberi efek drop cap.


penulis : M.Rainal yulian

Tidak ada komentar :

Posting Komentar