Kirim CV Kerja Terbaru dan Ikuti Tips nya!

Pentingkah technical competencies dalam CV Kerja anda?. Kini saatnya peduli pada CV kerja terbaru anda dimana pertanyaan ini sering menjadi dilema. Mengapa?, ketika anda ingin mencantumkan technical competencies pada CV kerja terbaru anda, kuatir malah memperpanjang CV kerja anda. Sedangkan bila tidak anda cantumkan, bisa saja CV anda langsung disingkirkan dari shortlist kandidat potensial oleh karena kompetensi yang anda miliki tidak jelas.
Nah, untuk menanggapi hal seperti ini, kita harus menilik kembali ke proses sortir CV yang umum dilakukan oleh berbagai perusahaan di Indonesia maupun negara-negara lainnya untuk setiap lowongan pekerjaan.  Sejak awal sebaiknya anda tahu tentang CV kerja  yang baru dikirimkan akan langsung dibaca oleh user atau calon atasan anda.  CV  Kerja terbaru yang anda kirimkan baik itu dalam format soft copy maupun hard copy, sebagian besar diterima oleh staf di HR Department yang bertugas untuk menyortir hingga ratusan CV yang masuk.
Nah, jika hal ini menjadi akan menjadi tantangan buat anda dalam membuat CV kerja terbaru. Boleh jadi sebagian besar staf di HR Department tersebut tidak memiliki pemahaman mendalam mengenai technical competencies yang diperlukan untuk posisi yang anda lamar.  Logisnya dengan pemahaman yang terbatas, kemungkinan besar mereka akan kembali merujuk ke job requirements yang biasanya sudah tercantum di setiap iklan lowongan pekerjaan guna menentukan apakah anda sebagai pelamar kerja perlu di-shortlist atau disingkirkan. Untuk memudahkan anda dalam mempraktekannya, berikut ini adalah tipsnya :
  • Dilihat dari kepentingannya, sebaiknya anda sungguh-sungguh mempelajari setiap iklan lowongan pekerjaan secara cermat dan menyesuaikan apa yang akan anda cantumkan didalam CV kerja terbaru sebagaimana yang dirincikan dalam job requirements/ kualifikasi di iklan lowongan pekerjaan tersebut.
  • Buatlah CV kerja terbaru yang tidak hanya menarik tapi juga efektif, hilangkan semua informasi yang kurang relevan namun lebih memberikan penekanan pada technical competencies yang dimiliki dan sesuai dengan job requirements yang tercantum dalam iklan lowongan kerja.
  • Fokuskan perhatian anda dalam membuat CV kerja terbaru itu hanya berfungsi sebagai sarana untuk mendapatkan panggilan interview. Dan selenjutnya tentunya tergantung pada kemampuan anda sendiri untuk meyakinkan apakah anda memang orang yang tepat untuk menempati posisi tersebut yakni mencantumkan hanya technical competencies yang relevan sesuai dengan apa yang dicari pada CV kerja terbaru anda.
Semoga informasi ini bisa menjadi pencerahan anda dalam membuat CV kerja terbaru, al hasil anda mampu membuat CV kerja anda sebagai personifikasi diri anda sekaligus gambaran kompetensi maupun keahlian anda yang anda miliki serta mudah dipahami piha recruiter dan calon pimpinan baru anda, selamat mencoba dan cepat mendapat panggilan seleksi dan wawancara ya!