10 Netiket di Social Media

Pernah dengar tentang netiket? Sesuai asal katanya, yaitu “internet” dan “etiket”, maka ini adalah etika yang berlaku saat kita ada di internet. Nah, di social media yang kini sedang marak juga berlaku yang namanya netiket. Artinya, dalam bergaul di social media seperti Facebook atau Twitter, tetap ada etikanya.
Netiket social media adalah semacam aturan yang digunakan di situs jejaring social. Mulai dari bagaimana kita menyapa teman, mengomentari statusnya, mention seseorang, atau mengirim DM ke teman Twitter, dan banyak lagi.  Situs social media adalah situs User Generated Content, yakni kontennya dihasilkan oleh para usernya sendiri. Berarti banyak sekali orang dari berbagai kalangan bertemu disana, saling berinteraksi. Maka jika tidak ada netiketnya, bisa-bisa terjadi banyak pertengkaran dan salah paham satu sama lain.
Apa saja yang termasuk dalam netiket di social media? Ini perlu dikenali juga, agar jangan sampai kita jadi orang yang dianggap tidak tahu etika, atau banyak menuai masalah dengan sesama user lain.Ini dia netiketnya:
  1. Jangan berbohong. Siapa sih yang mau dibohongi? Tentu tidak ada. Temanmu akan kecewa jika kamu berbohong. Apalagi user lain yang tidak terlalu kamu kenal. Bisa-bisa mereka kesal dan tidak akan percaya lagi padamu selamanya, bahkan menyebarkan ke seantero social media bahwa kamu pembohong.
  2. Jangan membenci. Sama seperti di dunia maya, sekali kita membenci seseorang, maka akan bersikap tidak baik kepadanya. Ada kecenderungan untuk menyerang dan melakukan cyberbully. Ini namanya cari penyakit, deh.
  3. Saling berbagi. Orang akan senang jika kamu suka berbagi informasi, atau menunjukkan perhatian apabila ada user lain yang kena musibah. Sekadar kata-kata sapaan pendek saja, tidak perlu terlalu sok perhatian.
  4. Jangan mengutuk. Kalau kamu tidak suka dengan isi postingan seseorang atau twitnya, jangan kamu serang dia dengan kata-kata makian atau kutukan. Artinya kamu sudah memulai cyberbully, dan akan mendapatkan balasannya.
  5. Jangan melecehkan. Sekali kamu memposting data atau informasi yang melecehkan orang lain, artinya kamu sudah mengundang orang untuk membencimu. Dan ini akan terekam di internet, lho. Sifat burukmu bisa diketahui banyak orang, dan kamu akan mendapat perlakuan setimpal.
  6. Berbagi info akurat. Berbagi info artinya bukan asal info yang tidak jelas dan tak dapat dipertanggungjawabkan. Misalnya saja kamu mendengar suatu berita yang belum pasti, dan kamu menyebarkannya, itu sama saja dengan kamu menyebarkan info yang tidak akurat. Jika ini dilakukan, orang akan menganggap kamu sebagai penyebar hoax atau berita bohong.
  7. Perbaiki kesalahan. Namanya juga manusia, selalu berpotensi berbuat salah. Jika itu terjadi, segera minta maaf dan perbaiki. Usahakan jangan mengulang kesalahan serupa. Ini akan membuat orang menilaimu sebagai orang yang bertanggungjawab, dan kamu akan dihormati.
  8. Perlihatkan kasih. Jika ada user lain menyerangmu atau berbuat salah padamu, dengan memposting atau mentwit hal buruk tentangmu, cobalah bersabar. Membalasnya dengan twit atau postingan buruk juga tidak akan memperbaiki situasi. Lebih baik lupakan kesalahannya dan maafkan dia.
  9. Hormati privasi. Jangan mengumbar cerita tentang temanmu di social media. Apalagi membocorkan rahasianya di timeline. Hormatilah privasi orang lain, maka kamu juga akan dihormati.
  10. Pertimbangkan dulu. Pikirkan lebih dulu semua yang akan kamu posting, unggah, atau twit di social media. Jangan terlalu spontan. Sebab penyesalan datang belakangan.

Itu tadi 10 netiket di social media. Jika kamu mengikutinya, niscaya tidak akan terbelit masalah bergaul di Facebook maupun Twitter. [Internet Sehat]