Jual Diri dengan Curriculum Vitae

Ya. Sebuah CV merupakan gambaran personifikasi diri dengan tulisan, dimana didalamnya menjelaskan secara ringkas mengenai siapa diri anda. Disamping itu, isi curriculum vitae memaparkan berbagai pencapaian yang telah anda lakukan sebelumnya baik pendidikan atau berbagai pengalaman kerja. Namun perlu dicatat segala informasi yang anda sampaikan bukanlah fakta yang bohong serta prioritaskan pengalaman atau prestasi tersebut kalau bisa relevan dengan posisi yang sedang anda lamar.

Jangan sampai terjadi, alih-alih anda ingin memperlihatkan pencapaian dalam curriculum vitae anda justru malah menjadi blunder bagi anda sendiri. Mungkin saja anda dulu pernah menjadi ketua cheerleader sedang posisi yang anda lamar sebagai accounting atau staf administrasi. Jadi, usahakan pengalaman serta kompetensi anda sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Bila perlu anda custom saja, paling tidak beberapa pengalaman yang mendekati kualifikasi (job requerement)
Lantas apa saja yang mesti anda cantumkan pada curriculum vitae anda?
  • Data Pribadi. pada bagian ini isinya kurang lebih dari peribadi anda selengkapnya. Tapi jangan lupa cantumkan pula no contact/ HP yang bisa dihubungi atau alamat email aktif anda.
  • Pendidikan. Bagian ini menjelaskan mengenai background pendidikan anda yang diurut sesuai kronologisnya pada curriculum vitae kerja anda.
  • Pengalaman Kerja. Bagian ini merupakan yang memiliki poin tinggi, pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seirang kandidat memiliki jam terbang cukup atau belum memiliki pengalaman sama sekali. Oleh sebab itu, pada curriculum vitae kerja anda disanrankan menjelaskan secara detail apa yang dikerjakan oleh anda, muulai dari nama perusahaan tempat anda bekerja, posisi/ jabatan yang pernah dijalani. Informasi ini dipercaya dapat membantu para recruiter dalam memahami kemampuan serta kompetensi anda sehingga bisa dikatakan menjadi nila tambah. Hal ini akan dipertimbangkan antara skill yang anda miliki dengan kebutuhan akan posisi yang akan di isi.
  • Prestasi. Jika anda mempunyai sederet prestasi ataupun penghargaan utamanaya yang dekat hubungannya dengan posisi yang anda lamar tersebut. Seperti halnya contoh berprestasi di organisasi atau pernah mengikuti beberapa beasiswa, Untuk beberapa posisi tertentu dibutuhkan memiliki kemampuan berkomunikasi serta interpersonal yang baik. Nah, untuk kemampuan tersebut biasanya dihasilkan dari pengalaman organisasi.
Dari beberapa aspek di atas, semoga menjadi gambaran buat anda dalam membuat curriculum vitae kerja. Mindset harus anda ubah dari yang semula ingin mendapatkan pekerjaan menjadi ingin mendapat panggilan seleksi dan wawancara. Fokuskan tujuan anda, sehingga anda mampu membuat curriculum vitae yang menarik perhatian serta menjual. Curriculum dibuat secara ringkas maksimal 2-3 halaman saja, rapih mudah dibaca serta memahami pola pikir HRD dan kebutuhan perusahaan.