Contoh Curriculum Vitae Standard HRD

Usia produktif adalah kesempatan emas bagi anda yang ingin berkarir. Jangan buang kesempatan anda hanya gara-gara CV anda gak bermutu atau boleh dibilang tidak menarik dan dibaca lebih lanjut oleh recruiter ataupun HRD. Hal ini mungkin saja dikarenakan anda meniru contoh curriculum vitae yang itu-itu saja, hingga anda melupakan poin penting yang harus dicantumkan pada CV anda.

Contoh curriculum vitae yang baik dan benar sangat membantu anda dalam membuka peluang pertama, setidaknya anda mendapat panggilan untuk ikut seleksi juga wawancara. Sobat Gakerja tidak usah hawatir, dalam kesempatan ini kami akan berikan beberapa contoh curriculum vitae yang bisa anda tiru atau kembangkan sesuai dengan kebutuhan anda. Diantaranya, bagaimana mampu meniru contoh curriculum vitae atau daftar riwayat hidup kerja yang bisa menjual diri anda sehingga menarik perhatian recruiter.
Salah satu faktor contoh curriculum vitae yang bermutu ialah bagaimana CV tersebut menjadi personifikasi diri anda yang disajikan dengan ringkas namun mudah dibaca. Well, ada beberapa kaedah penulisan yang mesti anda perhatikan dalam menulis CV :
  • Ingat!, Buatlah layout CV anda secara proporsional. Gunakan kertas A4, ukuran standar font 12 pt dengan menggunakan huruf normatif yang mudah dibaca seperti Arial ataupun Times new roman.
  • Apakah foto penting dimuat pada CV?, jawabannya foto tidak begitu penting dicantumkan dalam sebuah CV, kalaupun dianggap perlu gunakan foto, perhatikan ukuran filenya dengan ukuran yang wajar kurang lebih 30 Kb. Jangan mengirimkan file foto dengan attachment tersendiri, lebih baik menggunakan fitur insert pictuter pada MS. Word. Gunakan proporsi ukuran yang wajar setidaknya ukuran 3×4 untuk kertas A4 dan jangan sampai memakan seperempat halaman. Selain itu, pose yang profesional dan luwes dengan sedikit senyuman, jangan lupa memperhatikan pakian yang akan anda gunakan dimana setelan jas atau blazer akan tampak lebih ideal ataupu kemeja lengan panjang dan dasi (pria) atau blus formal (wanita) masih bisa diterima. Tentu disarankan munggunakan background merah ataupun biru.
  • Usahakan dalam mengrimkan curriculum vitae anda janganlah dengan prinsip satu CV lamaran kerja untuk semua perusahaan. Hal ini bisa ber-ekses negatif, disamping bisa keliru menulis nama atau alamat perusahaan juga membuat curriculum vitae anda berakhir di keranjang sampah. Kenapa?, hal ini mungkin terjadi dikarenakan anda cenderung menulis sebuah curriculum vitae berdasarkan kebutuhan anda tanpa memperhatikan kebutuhan perusahaan. Tidak mempertimbangkan job requerement atau kualifikasi yang perlukan pada posisi yang hendak anda lamar tersebut.
Oke sahabat gakerja, untuk memudahkan anda memahaminya, berikut contoh curriculum vitae yang memenuhi pola pikir recruiter dan HRD. Download