Bandwidth jaringan dan Latency

Tidak ada komentar
Apa itu Jaringan Latency?
Bandwidth adalah salah satu elemen dari apa yang seseorang mempersepsikan sebagaikecepatan jaringan. Latency adalah unsur lain yang memberikan kontribusi untuk kecepatan jaringan. Istilah latency mengacu pada salah satu dari beberapa jenis penundaan biasanya terjadi dalam pengolahan data jaringan. A disebut latency rendah koneksi jaringan adalah salah satu yang umumnya mengalami penundaan kali kecil, sementara latency tinggi koneksi umumnya menderita dari penundaan yang lama.

Latency vs Bandwidth
Meskipun puncak teoritis bandwidth dari koneksi jaringan tetap sesuai dengan teknologi yang digunakan, bandwidth yang sebenarnya Anda akan mendapatkan bervariasi dari waktu ke waktu dan dipengaruhi oleh latency tinggi. Latency berlebihan menciptakan hambatan yang mencegah data dari mengisi pipa jaringan, sehingga menurunkan bandwidth yang efektif. Dampak latency pada bandwidth jaringan dapat bersifat sementara (berlangsung beberapa detik) atau persisten (konstan) tergantung pada sumber penundaan.
Latency dari satelit Layanan Internet
Internet satelit layanan menggambarkan perbedaan antara latency dan bandwidth pada jaringan komputer. Koneksi internet satelit memiliki kedua bandwidth tinggi dan latency tinggi. Ketika loading halaman Web, misalnya, pengguna satelit paling dapat mengamati penundaan terlihat dari saat mereka masukkan alamat Web untuk waktu halaman dimulai loading. Ini latency tinggi terutama disebabkan delay propagasi sebagai pesan permintaan bergerak pada kecepatan cahaya ke stasiun satelit jauh dan kembali ke jaringan rumah. Setelah pesan tiba di Bumi, bagaimanapun, beban halaman dengan cepat seperti pada koneksi internet bandwidth tinggi lainnya (DSL atau kabel).

Selain keterlambatan propagasi, latency juga mungkin juga melibatkan penundaan transmisi (sifat medium fisik) dan keterlambatan pemrosesan (seperti melewati server proxy atau membuat jaringan hop di Internet).
Mengukur Jaringan Latency
Alat jaringan seperti tes ping dan traceroute mengukur latency dengan menentukan waktu yang dibutuhkan sebuah paket jaringan yang diberikan untuk perjalanan dari sumber ke tujuan dan kembali, yang disebut round-trip time . Waktu pulang-pergi bukanlah satu-satunya cara untuk menentukan latency, tetapi yang paling umum. Pada DSL atau koneksi internet kabel, latency kurang dari 100 milidetik (ms) yang khas dan kurang dari 25 ms diinginkan. Koneksi internet satelit, di sisi lain, rata-rata 500 ms atau latency lebih tinggi.
Ringkasan
Dua elemen kunci dari kinerja jaringan bandwidth dan latency. Rata-rata orang lebih akrab dengan konsep bandwidth karena yang satu diiklankan oleh produsen peralatan jaringan.Namun, latency hal sama dengan pengalaman pengguna akhir sebagai perilaku satelit menggambarkan koneksi internet. Bisnis menggunakan istilah Quality of Service (QoS) untuk merujuk mengukur dan mempertahankan kinerja yang konsisten pada jaringan dengan mengelola bandwidth dan latency secara terkoordinasi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar