Web Statis dan Web Dinamis

Tidak ada komentar
Halaman  web dapat digolongkan menjadi  web statis dan  web dinamis. Pengertian web statis dan  web dinamis seringkali mengundang perdebatan. Sebagian pengguna internet menyatakan jika pada halaman-halaman  web dilengkapi dengan animasi yang bergerak maka disebut web dinamis sedangkan jika halaman-halaman web tersebut hanya berisi teks dan gambar yang tidak bergerak maka disebut  web statis.
Namun berdasarkan kesepakatan maka pengertian statis dan dinamis tidak ditentukan oleh ada atau tidaknya animasi bergerak pada halaman-halaman web, tetapi ditentukan oleh isi atau informasi yang ada pada halaman-halaman tersebut. Data dan informasi yang ada pada  web statis tidak berubah-ubah.
Dokumen web yang dikirim kepada client akan sama isinya dengan apa yang ada di webserver.  Sedangkan  web dinamis, memiliki data dan informasi yang berbeda-beda tergantung input apa yang disampaikan  client.  Dokumen yang sampai di client akan berbeda dengan dokumen yang ada di webserver.

Contoh paling mudah untuk membedakan  web statis dan  web dinamis adalah bila kalian membuka situs Google.  Halaman awal adalah statis karena kita tidak melihat perubahan isi atau informasi.  Halaman ini baik di komputer client maupun di webserver akan sama.  Namun begitu kita memasukkan kata pada textbox yang tersedia kemudian menekan tombol search maka kita sedang berinteraksi dengan webserver Google.  Webserver akan mengirimkan halaman web sesuai yang diminta oleh client.  Tampilan di sisi client akan berupa daftar alamat dan keterangannya.  Sedangkan di sisi  server isi dokumennya adalah serangkain kode-kode untuk mencari apa yang diinputkan client.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar