Pengertian HTML

HTML merupakan
pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu  Standard Generalized Markup Language (SGML).  HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.


HTML dibuat oleh Tim Barners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN. HTML dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 90’an, HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik daripada versi sebelumnya. Perkembangan yang pesat tersebut tidak sampai merubah cara kerja HTML. 
Sebuah dokumen atau file HTML agar dapat dibaca langsung oleh browser disimpan dalam ekstensi .htm atau .html. 

Untuk menulis HTML tidak dibutuhkan perangkat lunak yang spesifik, cukup dengan text editor sederhana seperti Notepad (pada Microsoft Windows) atau beragam text editor yang ada di platform Linux dan Apple Mac OS, seperti vi, nano, joe, gedit, leafpad dan lain-lain.  Beberapa editor menyediakan fitur-fitur tambahan seperti syntax coloring (memberi warna pada kode-kode HTML) dan  code completion (melengkapi secara otomatis kode yang akan dituliskan).  Saat ini telah banyak perangkat lunak berbasis GUI yang sangat membantu dalam pembuatan halaman-halaman HTML. Macromedia Dreamweaver dan  Microsoft Frontpage merupakan dua nama yang cukup populer di platform Microsoft Windows.  Sedangkan di Linux tersedia Quanta+, Bluefish dan Nvu